Selasa, 17 Agustus 2010

Tips dan trik cara menawar barang

Sebelumnya gue mau ngucapin selamat hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 65, semoga bangsaku ini semakin jaya dan maju, amin. oke, kali ini gue mau posting artikel, bagaimana sih Tips dan trik cara menawar barang? Karena berhubung sekarang lagi bulan puasa, dan beberapa minggu lagi kita merayakan lebaran, pasti teman-teman semua pada mau belanja kan? Dan juga Gue posting artikel ini karena gue terinspirasi dari pengalaman pribadi gue sendiri, maklumlah gue kan pelajar (sekarang mahasiswa, hehe) jadi kalo belanja barang apapun wajib bin kudu, harus di tawar semaksimal mungkin, supaya dapet harga terbaik, namanya juga pelajar, kantongnya terbatas sob, hehehe. Kamu semua pada pengen tau kan tips dan trik cara menawar barang dari blog ceritasigerry ini ya kan? Kalo pengen tahu terusin bacanya sampe habis bis bis, hehe

oke, ini tips dan trik cara menawar barang :

1. Tips yang pertama, pastiin kamu udah tau harga barang yang pengen kamu beli sebelumnya, ya bisa tanya sama temen kamu atau nyari-nyari di internet tentang harganya (bukan nyari gambar porno yah, hehehe) untuk mastiin harga pasaran nya, supaya kamu gak di boongin tukang dagang nya, hehe
2.Tips yang kedua, kalau udah tahu harga pasarannya, ingetin tuh, jangan sampe lupa, hehehe nah misalnya sebagai contoh kamu mau beli tas ransel. Kamu cari-cari dulu yang kamu suka, kalau udah ketemu tas atau barang yang kamu mau, kamu cek dulu kondisinya.
3. Tips yang ke tiga, mulai lah kamu menanyakan harganya kepada sang penjual, sebagai contoh, kamu nanya gini “mas berapa harga ransel ini?” lalu sang pedagang jawab “400 ribu mas”. Nah hal yang mesti kamu inget adalah kamu harus menawar dengan harga yang paling terendah, kamu tawar setengah harganya, jadi kamu tawar dari harganya 400rb menjadi 200rb.
4. Tips yang ke empat, nah di tips bagian ini adalah yang paling gue suka, karena dibutuhkan sedikit trik. di saat kita sedang menawar barang yang kita mau, coba deh kamu ngomong dengan bahasa daerah yang kamu bisa, sebagi contoh kamu orang sunda, dan kamu nanya pake bahasa sunda, contoh nya kayak gini “kang tas ransel ieu harga na sabaraha?”, nah kalo pas kebetulan tukang dagangnya juga orang sunda, wah kamu pasti beuntung banget deh, jadi usahain kalo kamu bisa bahasa sunda, kamu komunikasi sama tukang dagang nya pake bahasa sunda juga, biasanya yah karena dari satu daerah atau satu suku yang sama, pedagang akan lebih menganggap kita “saudara”, dan imbasnya kita mendapatkan harga yang murah. Apalagi kalo kamu bisa komunikasi sama pedagang nya sabil pake bercanda ala khas sunda atau ala daerah manapun.
5. Tips yang ke lima, usahakan dalam menawar, kamu menaikan harganya sedikit-sedikit, sebagai contoh kamu menawar 200rb, tapi sang pedagang tak sepakat, kamu tawar lagi dengan harga 205rb, jadi naiknya Cuma 5rb, kalo masih gak sepakat, kamu naikin nya tetap 5rb aja, pokoknya kamu harus konsisten deh dalam menawar barang. Kamu nawar barang yang kamu mau, sampai menurut kamu, harganya pas sama kantong kamu.
6. Tips yang ke enam, kalo menurut kamu harganya udah maksimal di kantong kamu, maksudnya kamu udah gak bisa naikin harga lagi, dan pedagangnya belum sepakat dengan harganya, coba deh kamu pake cara lama, weiitsssss walaupun cara lama jangan di remehkan, karena cara ini sudah turun-temurun, hehehe. Yaitu caranya kamu pura-pura aja pergi dengan alasan harganya gak cocok sama kantong kamu, di jamin 99,9% si pedagang tadi akan memanggil kamu, dan pasti kamu mendapatkan barang dengan harga yang sesuai dengan kantong kamu.
Nah itu dia 6 tips dan triks bagaimana cara menawar barang, agar mendapatkan harga yang sesuai dengan kantong kita, tips dan triks yang gue buat dalam artikel ini, sebagian besar berasal dari pengalaman gue pribadi, gak tau kenapa yah, kalau gue mendapatkan barang yang gue mau dengan harga yang sesuai dengan kantong gue, rasanya ada kepuasan tersendiri aja, dan tentunya kalau dilihat dari sudut pandang ekonomi (sok tua yah gue, hehe) tentunya kita lebih dapat menghemat pengeluaran kita, nah semoga tips dan triks cara menawar barang yang gue buat bisa bermanfaat bagi kawan-kawan semua dalam berbelanja, dan juga semoga kawan-kawan bisa mendapatkan barang-barang yang kawan-kawan mau, kan sebentar lagi lebaran, hehehe. Jangan lupa yah pake tips dan trik yang udah gue kasih tau, oke oke (jangan lupa kirimin gue belanjaan kamu yah, hehe) TTD ceritasigerry

Tidak ada komentar: