Minggu, 08 Maret 2009

Ayo Jadi Pembalap!

Hati-hati mbaca artikel ini. salah tangkap bisa jadi fatal, disangkanya saya menganjurkan semua pengendara jadi pembalap di jalanan,.Bukan begitu, Bro paparan nya tentang ilmu di balap yang justru melindungi saat di jalanan.
Miring

CEPAT TAK SAMA DENGAN NGEBUT
Ini poin penting, lihat cara pembalap menggeber motornya , menahan rpm agar tenaga maksimal dan mengatur strategi agar tidak overheat jadi pertimbangan kuat, motor bergerak maksimal tapi konstan.
Itu di sebut cepat dan bukan ngebut yang diartikan akselerasi nggak spontan, zig-zag, kurang perhitungan sampai membahayakan pengguna jalan lain, dalam kaidah safety riding, lambat tak melulu safe.
Kadang geber motor dengan cepat sesuai kaidah safety misal saat memilih jalur agak kanan untuk mendahului, ya harus cepat agar tidak tertabrakdari belakang,.

STRATEGI MENAKLUKAN TIKUNGAN
Lihat pembalap ia sangat efisien dalam teknik menikung, tak boleh out agar waktu tak terbuang percuma, dan racing line nya benar. dalam situasi yang tak telalu ekstrem, ilmu ini bisa dipakai di jalanan. contohnya belok kanan ambil posisi paling kiri agar saat habis tikungan tidak tidak out dan tertabrak kendaraan dari arah berlawanan, untuk kondisi sebaliknya di saran kan tetap di sisi kiri, tidak melebar terlalu kanan, untuk menghindari benturan ari arah berlawanan, pengendara di saran kan gantung gas saat menikung, selain roda agar tetap nempel di tanah, tenaga mesin gak drop dan cepat keluar tikungan,.

STRATEGI OPER GIGI
Ini ilmu pentimg pembalap, agar tenaga gak drop, mereka pantang mengoper gigi saat rpm tak maksimal, bukan nya saat ada di tengah, tentu saja langkah begitu membuat tenaga ngedrop, cara inibisa di terapkan di jalan untuk anda, untuk mengagkat akselerasi, pengendara harus ada dalam posisi yang pas, tindakan ini sangat aman, mengingat kecepatan dan daya melesat motor di jalan bisa kita atur, selain menghindari tabrakan dari belakang, rider bisa mengantisipasi resiko benturan depan saat mendahului atau menghindar.

POSISI BERKENDARA ALA PEMBALAP
Posisi duduk bersangkutan dengan refleks, posisi duduk harus senyaman mungkin, tidak kaku dan kedua jari tangan siap menarik tuas rem dan kopling, dan saat menikung semua posisi tubuh harus siap.

TETAP SEJAJAR SAAT START
Perilaku ini ternyata bermanfaat untuk semua pihak, dengan tetap sejajar,. pejalan kaki tak diambil haknya, kendaraan dari kiri-kanan tidak terhalang hingga tak terjadi awal kemaceten.






Tidak ada komentar: