Sabtu, 07 Maret 2009

Aman Berkendara

Dalam melakukan teknik ngerem, bukan semata fokus pada bagai mana menarik tuas rem, penting juga di perhatikan postur berkendara alias riding posture.
riding posture ini berfungsi menjaga keseimbangan dan kenyamanan dalam berkendara mengerem yang benar tidak ikin motor ngepot. ini berpangaruh dari riding posture, bagitu juga saat melakukan manuver atau berbelok.
Ada 7 riding posture yang mesti di ketahui pengendara, yakni mata, pundak, siku, tangan, pinggul, lutut, dan kaki. "masing-masing memiliki fungsi sendiri,''
Mata fungsinya untuk melotot, hus melihat, "pandangan mest jauh, agar jarak pandang lebih luas, juga memudahkan dalam mengantisipasi jika ada objek lainnya yang mengganggu, dalam melihat jangan hanya mengandalkan mata lurus , sebab kemungkinan potensi berbahaya bisa terjadi bukan cuma di bagian depan . belakang dan samping juga bisa, gunakan spion dan tengok ke belakang jika hendak belok. Ini untuk mengurangi dampak blind spot (area yang tak terlihat mata).
Dalam berkendara sebaiknya pundak dibikin rileks, jangan tegang karena itu akan membuat kenyamanan berkendara akan berkurang, ujung-ujung nya badan jadi gampang letih alias capek deh!
Bukan cuma itu, cuy! sudut siku yang lurus juga bikin susah pengendara dala melakukan manuver, gerak setang ke kiri dan ke kanan pun akan menjadi kaku,. Tapi begitunya posisi siku juga jangan lurus, "sudut siku idealnya 120 derajat, dengan begitu, pegangan tangan ke stang jauh lebih kuat , dan tentunya juga tidakmembuat badan jadi gampang pegal
Jari tangan memegang bagian bawah dari grip, "dengan demikian akan memudahkan pengendara mengoperasikan handel gas, rem, kopling, sakelar dan switch lainnya".
Posisi duduk ikut berpengaruh terhadap pinggul, duduk terlalu jauh dari setang tidak baik, begitu pula kalau terlalu dekat, kecenderungan posisi duduk terlalu dekat dengan setang biasa di lakukan perempuan, "biasakan cari posisi ideal sebelum berkendara", cari posisiduduk seenak dan senyaman mungkin .
Pada motor tipe sport, posisi lutut idealnya mengempit tangki, "saat cornering alias belok, psisi begini akan memudahkan pengendara, pada motor bebek posisi ltut menyiku dan tegak lurus dengan pijakan kaki.
Terakhir , kaki boleh miring, "pijakan rem dan perseneling harus tegak lurus dengan kaki, ini untuk mengantisipasi, ketika terjadi pengereman mendadak, penendara bisa langsung injak tuas, karenanya RIDING POSTURE ini di ajarkan pada saat awal ketika pengendara pemula imgin naik motor. jadi mulai sekarang tetap waspadalah di jalan.














1 komentar:

Gerry Andrea Sugara mengatakan...

kasih komentar yha para blogger bwt blog saya, thanks yha